Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Erick Thohir, Teknologi VAR dan Semangat Merevolusi Sepak Bola Indonesia

Olahraga | Tuesday, 09 May 2023, 09:22 WIB
Foto: greget.id

Sejak awal, ikhtiar Erick Thohir adalah untuk membawa sepak bola Indonesia semakin maju dan modern serta dalam banyak hal memanfaatkan kecanggihan teknologi modern demi menghadirkan sepak bola yang semakin berkualitas. Tak perlu menunggu lama, satu per satu upaya itu bakal segera terealisasi. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi VAR yang sudah masuh dalam perencanaan untuk segera diwujudkan pada pertengahan musim Liga 1 Indonesia yang akan segera bergulir ini.

Tentu saja ini menimbulkan harapan dan semangat besar dari publik sepak bola Indonesia. Paling tidak, ini menjadi penegasan bahwa Erick Thohir memiliki komitmen yang besar untuk mewujudkan sepak bola yang berkualitas dan profesional serta jauh dari hal-hal yang tak diinginkan seperti pengaturan skor, mafia bola, wasit kontroversial dan lain-lain.

Progresifitas Sepak Bola Indonesia di Bawah Erick Thohir

Revolusi pembenahan sepak bola nasional oleh PSSI di bawah komando Erick Thohir makin progresif, semakin jauh menyentuh aspek strategis-fundamental, yakni penguatan aspek kompetisi yang suportif dan terhindar dari kecurangan atau kontroversial. Harapan ini dipastikan terwujudkan ketika Erick Thohir mengambil keputusan untuk segera merealisasikan penggunaan teknologi Video Assistance Referee (VAR) untuk membantu kinerja wasit, yang dengan itu sepak bola kita akan lebih terawasi dengan baik.

Keputusan Erick Thohir ini tentu saja sejalan dengan komitmennya yang sejak awal digaungkannya guna menghadirkan sepak bola nasional yang bersih, suportif dan berprestasi. Rencana penggunaan VAR oleh Erick ini sejalan dengan semangat sepak bola modern.

Sistem baru VAR ini diperkirakan akan diterapkan pada pertengahan musim Liga 1 2023/2024. Meskipun begitu, kepastian untuk penggunaan sistem VAR ini telah membangkitkan gairah, euforia, & optimisme dari publik pecinta sepak bola Indonesia.

Banjir Dukungan

Apresiasi publik atas rencana penggunaan VAR ini tergambar ke dalam beberapa poin alasan penting. Pertama, publik bahagia dan bersemangat sebab dengan rencana penerapan VAR ini dengan sendirinya bisa menjadi solusi mencegah kontroversi di sepak bola Indonesia. Human error yang sering dipertunjukkan oleh para wasit lewat keputusan-keputusan yang salah dan mengundang protes pemain, penonton dan pengamat sepak bola Indonesia, maka dengan hal tersebut bisa diatasi.

Dengan kata lain, keberadaan penerapan sistem baru dengan bantuan teknologi VAR berpotensi menghadirkan keputusan wasit Liga 1 Indonesia yang lebih berkualitas, lebih baik. Sebab wasit akan lebih berhati-hati mengambil keputusan.

Kedua, VAR bisa menjadi solusi utama untuk mencegah terjadinya kecurangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga kejadian-kejadian sepak bola gajah, match fixing, dapat terhindari. Wasit – sebagai celah para oknum – lebih terawasi dalam kepemimpinannya. Ketiga, VAR juga bisa berkontribusi pada kondusifitas para suporter. Ini merupakan akibat langsung dari kepemimpinan wasit yang lebih kualitas.

Poin besarnya, penerapan VAR oleh Erick Thohir akan banyak berdampak positif pada pembenahan sepak bola Indonesia. Selain elemen vital pertandingan yang terawasi, demikian juga kapasitas dan skill wasit dengan sendirinya terdorong untuk diperbaiki.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image