Ahad 06 Oct 2024 07:01 WIB

Sharia First, Cara Maybank Syariah Tingkatkan Inklusi Keuangan Syariah

Salah satu produk yang menjadi unggulan Maybank Syariah adalah MySWM.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Maybank Syariah Indonesia
Foto: MSI
Maybank Syariah Indonesia

ISEN.ID,  JAKARTA -- Sejak tahun 2013, Maybank Syariah telah meluncurkan strategi inovatif yang dikenal sebagai Shariah First. Inisiatif ini bertujuan untuk menghadirkan solusi keuangan yang sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, sekaligus memenuhi kebutuhan nasabah dan masyarakat yang semakin beragam.

“Kami berusaha memahami kebutuhan nasabah dengan mengedepankan solusi syariah yang ditempatkan sebagai solusi universal yang bisa dipakai oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Direktur Perbankan Syariah Maybank Indonesia Romy Buchari di Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Baca Juga

Salah satu produk yang menjadi unggulan Maybank Syariah adalah Maybank Shariah Wealth Management atay MySWM terus mendapat respons yang positif. Terbukti, setahun setelah diluncurkan nasabah kontribusi terhadap fee base income adalah sebesar 25 persen dengan 12 ribu nasabah yang memilih untuk menggunakan produk MySWM.

Maybank Shariah Wealth Management, lanjutnya, telah dirancang khusus dengan pendekatan holistik untuk mendampingi masyarakat di setiap tahap kehidupan dengan mengusung prinsip syariah. Layanan pengelolaan kekayaan ini tidak hanya membantu nasabah mencapai keseimbangan keuangan, namun juga memberikan ketenangan dan mencapai keberkahan spiritual di masa depan.

Ia pun menjelaskan bahwa Maybank Shariah Wealth Management terdiri dari lima pilar utama, yaitu wealth creation untuk solusi kebutuhan keuangan keluarga, wealth accumulation untuk mengoptimalkan investasi, wealth preservation untuk membantu melindungi aset dan keluarga dari risiko, wealth purification untuk menyucikan harta dan berbagi terhadap sesama, serta wealth distribution untuk membantu merencanakan waris dan wasiat. Kedua pilar terakhir menjadi kunci utama yang membedakan Maybank Shariah Wealth Management dengan menawarkan kemudahan dalam berbagi kepada komunitas dan sesama, untuk dampak positif yang lebih luas lagi.

Romy menekankan, Maybank Indonesia akan terus mengembangkan Maybank Shariah Wealth Management sebagai langkah nyata mendukung Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia 2022-2025 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk perbankan syariah yang resilient, berdaya saing tinggi, dan berkontribusi signifikan bagi perekonomian dan pembangunan nasional. Selain itu, Maybank Syariah juga akan terus berupaya untuk memperkuat posisinya di industri perbankan syariah dengan memberikan solusi yang relevan dengan kebutuhan nasabah.

“Jadi kami selalu menekankan bahwa prinsip syariah itu sangat universal, seperti keadilan, berbagi untuk sesama, transparansi dan berkelanjutan. Semua itu sudah sejalan dengan prinsip syariah dan tentunya kami optimis prinsip syariah dapat mudah diterima masyarakat. Makanya kami berangkat dengan solusi sharia first kami. Kami selalu beri solusi sharia first,” terangnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement