Jumat 25 Oct 2024 14:13 WIB

SRIA, Produk Game Changer Bank Syariah Siap Danai Proyek Besar

SRIA memungkinkan bank syariah bermodal kecil ikut serta dalam pendanaan proyek besar

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Peluncuran buku pedoman produk perbankan syariah, diantaranya SRIA, CWLD.
Foto:

Direktur CIMB Niaga Syariah, Pandji P. Djajanegara, menyampaikan produk baru ini merupakan sebuah terobosan yang akan sangat powerfull untuk bank syariah. SRIA dapat meningkatkan skala bisnis bank syariah tanpa perlu diawali dengan modal besar.

"Produk ini juga sangat spesial karena tidak ada di bank konvensional, ini khusus ada di bank syariah, maka dari itu kita punya added value yang akan mendukung bank syariah," katanya saat ditemui di sela-sela Pertemuan Tahunan Perbankan Syariah 2024 di Banda Aceh, Jumat (25/10/2024).

Keunggulan paling utama dari SRIA adalah peningkatan kontribusi bank syariah dalam proyek-proyek besar. Selama ini, bank syariah sulit turut serta dalam kontrak-kontrak besar karena modalnya yang tidak mencukupi. Dengan SRIA, hal itu dimungkinkan.

Bank bisa maju mendanai proyek besar dengan investasi dari nasabah SRIA. Risiko investasi akan dibagi antara investor dan bank syariah. Ia berharap produk ini dapat meningkatkan peran bank syariah dalam mendorong ekonomi.

"Ini terobosan sangat bagus untuk bank-bank syariah yang kecil modal, produk ini juga sudah lazim di negara tetangga," katanya. 

Produk ini telah dirancang sejak lama yang penyusunannya juga melibatkan industri. Namun demikian, masih perlu sosialiasi di berbagai lini agar implementasinya dapat lebih dimaksimalkan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement